Bagaimana RYH Bekerja?

Pelajari Bagaimana RYH Bekerja melakukan Pemulihan bagi Anda

  1. Bersedia mematuhi tata tertib RYH Group  dengan mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan, Surat Perjanjian, dan Form Informasi demi kenyamanan bersama. Buku Kerja RYH (Workbook) akan dikirimkan setelah semua data yang diperlukan lengkap dan diserahkan kepada Koordinator RYH dari Yayasan Busur Emas.

  2. Calon anggota tidak sedang dalam gangguan psikologis atau mental. Kalaupun sudah dinyatakan sembuh, perlu menyertakan surat keterangan dari psikolog/psikiater yang menangani.

  3. Pertemuan (sesi RYH) diadakan secara rutin satu kali dalam seminggu atau maksimal dua minggu sekali, dengan durasi sekitar dua jam per sesi.

  4. Kelompok harus menentukan jadwal (hari dan jam) yang tetap untuk mengadakan sesi pertemuan (misalnya: setiap hari Sabtu, pukul 16.00).

  5. Selama pandemi, pertemuan dilaksanakan secara online, via program atau aplikasi apa saja yang disepakati bersama dalam kelompok.

  6. Saat melangsungkan sesi kelompok secara online, setiap anggota maupun fasilitator harus dalam keadaan siap berproses dan fokus, tidak sedang mengendarai kendaraan atau melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi dalam mendengarkan dan bercerita.

  7. Pelaksaan RYH apabila offline, lokasi pertemuan dipilih yang nyaman dan aman. Domisili anggota dan fasilitator menjadi faktor utama untuk dipertimbangkan (harus berdekatan).

  8. Setiap kelompok/grup harus berjumlah 4-9 orang (tidak boleh kurang dari 4 orang, dan tidak boleh lebih dari 9 orang), dengan jenis kelamin yang sama (pria dan wanita tidak boleh satu kelompok) dan berusia minimal 18 tahun.

  9. Di dalam kelompok, baik anggota maupun ketua tidak saling memiliki hubungan darah (keluarga) agar sesi RYH dapat berjalan secara efektif.

  10. Jika ada anggota kelompok yang absen (tidak hadir) lebih dari 3x pertemuan, anggota tersebut dinyatakan gugur dan tidak diperkenankan mengikuti pertemuan kelompok RYH yang sedang berlangsung.

  11. Anggota kelompok harus tetap, dan tidak diperkenankan adanya penambahan anggota baru setelah sesi pertemuan kedua dijalankan.

  12. Setiap peserta RYH Group (ketua maupun anggota) bersedia membayar biaya pengadaan buku kerja (workbook) RYH beserta biaya kirimnya.

  13. Setelah sesi RYH berakhir, ketua dan minimal satu anggota kelompok menuliskan Testimoni (apa saja yang diperoleh selama mengikuti sesi RYH tersebut, manfaat yang didapat, atau perubahan yang dirasa terjadi, baik dalam diri sendiri maupun terhadap orang lain) dan menyerahkannya kepada Koordinator RYH dari Yayasan Busur Emas.